Pantai Gigi Hiu, Surga Tersembunyi di Lampung

Jika ada yang bertanya selain pesona lumba-lumba, apa lagi yang menarik di Teluk Kiluan? Jawabannya adalah Pantai Pegadungan atau yang lebih dikenal dengan Pantai Gigi Hiu atau Batu Layar. Pantai Pegadung berada di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Dari pusat kota Bandar Lampung, masih tiga sampai empat jam perjalanan dengan kendaraan roda empat ke arah Teluk Kiluan. Akses jalan yang rusak parah dengan jalanan rusak penuh lubang memang menjadi salah satu kendala. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat potensi pariwisata yang begitu besar di tempat ini.

joe wongkar

Dokumentasi oleh Joe Wongkar

Dari Pantai Kiluan, sebenarnya lokasi Pantai Gigi Hiu sudah dekat, hanya sekitar lima kilometer lagi. Namun, masih sedikit wisatawan yang tahu akan keberadaan pantai ini. Jalur dari pantai Kiluan menuju pantai Gigi Hiu sendiri hanya bisa dilalui ojek sepeda motor mengingat kondisi jalan yang kecil, aspal yang sudah mengelupas, dan penuh lumpur. Medannya juga cukup berat, sebab harus naik turun bukit, tak jarang sepeda motor harus jatuh bangun untuk sampai ke lokasi. Untuk biaya ojeknya sendiri sekitar Rp 200.000.

dodi hasan

Dokumentasi oleh Dodi Hasan

 Namun, beratnya perjalanan terbayar ketika telah sampai di pantai ini. Gugusan batu karang berbentuk lancip bertebaran diantara debur ombak. Karena bentuk karang yang menyerupai gigi hiu yang runcing inilah, pantai ini lebih dikenal dengan nama pantai Gigi Hiu. Sementara nama Batu Layar -nama lain pantai ini, konon karena bentuk karang yang mirip layar kapal. Namun, masyarakat setempat sendiri lebih sering menyebutnya sebagai pantai Pegadungan sesuai dengan nama daerah setempat.

nilam saputri

Dokumentasi oleh Nilam Saputri

 Gugusan batu karang ini sendiri terbentuk dari kikisan ombak yang menerjang karang-karang ini selama ratusan tahun, akibatnya batu-batu ini pun terkikis dan berdiri kokoh membentuk gugusan batu karang yang tajam dan menyerupai gigi hiu. Keindahan pantai ini sendiri belum banyak menarik minat wisatawan, mengingat lokasinya yang terpencil dan belum ada fasilitas pendukung. Kebanyakan yang datang ke sini adalah fotografer yang ingin mengabadikan keindahan surge tersembunyi ini. Untuk menikmati keindahan pantai ini, waktu yang paling tepat adalah saat sore hari untuk menikmati panorama sunset di pantai ini.

 

joe wongkar

Dokumentasi oleh Joe Wongkar

budi martha

Dokumentasi oleh Budi Martha

joe wongkar

Dokumentasi oleh Joe Wongkar

 Sumber:
http://travel.kompas.com/read/2014/09/03/133100727/Gigi.Hiu.di.Lampung.Diburu.Fotografer
http://www.cumilebay.com/2013/09/gigi-hiu-di-batu-layar-pegadungan.html
http://www.fototara.com/jelajah/selamat-dari-karang-gigi-hiu/
http://aeronusantara.blogspot.com/2014/09/pantai-gigi-hiu-keindahan-tersembunyi.html
https://kelilinglampung.wordpress.com/2012/09/28/kumpulan-foto-batu-layar-pantai-pegadung/
About the Author
One Comment
  1. Addin Reply
    Jadi pengen ke sana..

Leave a Reply

*

captcha *